Nasi Ayam Serodja

Pertura Blitar 2023: Semarak Pelestarian Seni dan Budaya Kota Blitar

Pertura Blitar 2023: Semarak Pelestarian Seni dan Budaya Kota Blitar

Pertunjukan Rakyat (Pertura) 2023, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Kota Blitar pada Sabtu malam (7/10),berlangsung sangat semarak. Acara ini berhasil menarik perhatian masyarakat dengan antusiasme yang luar biasa. 


Acara Pertura ini digelar di area Monumen PETA, di Jalan Soedanco Supriadi Kota Blitar. Ajang ini menjadi wadah untuk menampilkan beragam seni dan budaya khas Blitar, sekaligus sebagai upaya pelestarian kesenian tradisional. 

Sejumlah pelaku usaha juga tampak antusias memeriahkan dan diberikan ruang untuk berjualan. mulai dari berbagai jenis makanan yang menarik hingga mainan anak-anak. Bahkan para pelaku usaha berjualan sampai meluber hingga ke jalan.

Monumen PETA yang dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Pertura kali ini menjadi panggung spektakuler. Berbagai potensi seni dan budaya di Kota Blitar tampil memukau. Para anak muda dan pelajar dari berbagai daerah ikut ambil bagian dalam memeriahkan acara ini.

Kawasan Monumen PETA yang menjadi venue acara ini dipadati oleh masyarakat yang ingin menyaksikan Pertura secara langsung. Mereka datang dari berbagai penjuru Kota Blitar dan terlihat sangat bersemangat menyaksikan beragam pertunjukan, mulai dari tarian tradisional, campursari, jaranan, hingga pertunjukan wayang orang dengan lakon Ramayana. Diskominfotik berhasil mengemas acara ini dengan semarak. 

Pertura berhasil menampilkan seni dan budaya Jawa yang khas, terutama yang berasal dari Kota Blitar. Terlebih lagi, pertunjukan seni ini disajikan dengan sangat baik dan nuansa modern, sehingga membuat penonton merasa terhibur. 

Selain menjadi wadah berekspresi untuk para seniman, Pertura juga berhasil memberikan hiburan yang sangat menarik kepada masyarakat. Pertunjukan rakyat ini pun menjadi media untuk memberikan informasi penting kepada masyarakat. Khususnya isu-isu strategis dan yang perlu untuk disampaikan kepada masyarakat.


Pertura 2023 ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan yang telah diadakan oleh Diskominfotik. Salah satu rangkaian tersebut adalah lomba Blitar 5.0 Competition yang dimulai sejak 10 September. Dan yang menjadi pamungkas dari serangkaian kegiatan ini adalah Pertura. Dalam acara ini juga menjadi saat penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba.

Acara PerturaBlitar 2023 juga turut dihadiri oleh sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajaran Forkopimda Kota Blitar. Sebagai bentuk apresiasi terhadap para peserta lomba, Wali Kota Blitar, Santoso, secara resmi menyerahkan hadiah kepada para pemenang dan membuka pertunjukan seni budaya yang mengagumkan ini. Santoso berharap bahwa acara Pertura ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan dunia seni dan budaya di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa.

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca eksplorasi tentang Pertura Blitar 2023: Semarak Pelestarian Seni dan Budaya Kota Blitar di situs web ini. Semoga eksplorasi yang kami sajikan bermanfaat. Untuk informasi menarik dan artikel lainnya, kamu bisa eksplorasi lebih lanjut di goplorasi.com!

Kategori: Lainnya, Blitar

Leave a comment

Sekilas tentang Go Eksplorasi

GOPLORASI #GoEksplorasi Merupakan sebuah media berbasis di Malang yang menyajikan eksplorasi tentang tempat - tempat hits dan menarik, seperti Café & resto, wisata, kuliner dan lainnya. Saat ini tidak hanya di Malang, tapi kami mencoba untuk eksplorasi daerah sekitar Malang, seperti Batu, Blitar, Tulungagung hingga Kediri.