Nasi Ayam Serodja

Pesona Kemegahan Masjid Al-Fattah Tulungagung

Pesona Kemegahan Masjid Al-Fattah Tulungagung

Masjid Al-Fattah menjadi salah satu daya tarik utama bagi umat Islam di Tulungagung. Desainnya yang artistik dan modern dikombinasikan dengan kehadiran kiswah bersulam benang emas menjadikan masjid ini istimewa. Kiswah tersebut pernah menjadi selubung suci Ka'bah di Arab Saudi.


Masjid Al-Fattah mudah dijangkau dengan lokasinya yang berada di Jalan Letjen Suprapto, Kepatihan, Kabupaten Tulungagung. Menara kotak yang menjulang tinggi menjadi penanda koordinat tempat ibadah bagi umat Muslim ini.

Ketika melihat dari luar, banyak yang tidak akan menyangka bahwa bangunan ini adalah sebuah masjid. Desainnya cukup modern dan tidak memiliki kubah seperti kebanyakan masjid pada umumnya.


Ketika masuk di area masjid, pengunjung bisa parkir kendaraan di basement masjid atau di area parkir di samping/ belakang masjid. Tempat untuk parkir cukup luas. Menuju ke bagian depan masjid, bisa langsung mengambil wudhu di depan masjid. 

Dibalik desain yang unik, Masjid Al-Fattah menawarkan fasilitas megah dan modern. Tiga pintu utama masjid dibuat secara otomatis dengan sensor gerak, sehingga jemaah tidak perlu menyentuh pintu untuk membukanya, karena pintu akan terbuka secara otomatis.


Salah satu keistimewaan utama Masjid Al-Fattah ini adalah kiswah yang terletak di depan imam. Kiswah ini didatangkan langsung dari Arab Saudi dan pernah menjadi penutup suci Ka'bah di Makkah. Kiswah ini sebelumnya telah digunakan pada tahun 2004 dan memiliki berat sekitar 120 kg. Kiswah ini dihiasi dengan kaligrafi yang ditenun menggunakan benang emas.

Di dalam masjid suasana sangat tenang dan nyaman. Terbentang karpet lantai yang konon memiliki kemiripan dengan yang terpasang di Madinah. Konstruksi lantai dan dinding masjid juga bisa dikatakan istimewa, menggunakan marmer spesial yang didatangkan dari Italia dan India.

Masjid Al-Fattah Tulungagung tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menyajikan keindahan seni dan kekayaan budaya dari negara-negara lain. Kehadirannya menjadi tempat beribadah dan mendalami keagungan Islam dalam suasana yang megah dan bernuansa modern. Jika kamu berkesempatan berkunjung, jangan lewatkan untuk menikmati pesona kemegahan Masjid Al-Fattah dan kiswahnya yang mengagumkan!

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca eksplorasi tentang Pesona Kemegahan Masjid Al-Fattah Tulungagung di situs web ini. Semoga eksplorasi yang kami sajikan bermanfaat. Untuk informasi menarik dan artikel lainnya, kamu bisa eksplorasi lebih lanjut di goplorasi.com!

Kategori: Wisata, Tulungagung

Leave a comment

Sekilas tentang Go Eksplorasi

GOPLORASI #GoEksplorasi Merupakan sebuah media berbasis di Malang yang menyajikan eksplorasi tentang tempat - tempat hits dan menarik, seperti Café & resto, wisata, kuliner dan lainnya. Saat ini tidak hanya di Malang, tapi kami mencoba untuk eksplorasi daerah sekitar Malang, seperti Batu, Blitar, Tulungagung hingga Kediri.