Nasi Ayam Serodja

Serunya Petik Belimbing Agrowisata Belimbing Karangsari Blitar

Serunya Petik Belimbing Agrowisata Belimbing Karangsari Blitar

Agrowisata Karangsari merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit di Blitar. Kamu dapat merasakan pengalaman memetik buah belimbing langsung dari pohon dan menikmati kesejukan lahan seluas 5 hektar yang terletak di tengah Kota Blitar.


Belimbing memang merupakan salah satu komoditi buah andalan di kota BlitarAgrowisata Karangsari menjadi pusat informasi tentang Belimbing dan mempunyai spot yang menarik yang bisa dinikmati. Adapun jenis belimbing yang tersedia di Agrowisata Belimbing Karangsari ini adalah Belimbing Karangsari Merah. Jenis ini memiliki bentuk besar, warna orange dan rasa yang manis.

Agrowisata Belimbing Karangsari berlokasi di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. Letaknya sekitar 3 kilometer arah selatan dari pusat kota atau Alun-alun Kota Blitar. 


Lahan seluas 5 hektar ini dikelola oleh 50 petani dengan sistem sewa lahan. Pihak pengelola telah membaginya menjadi dua zona, yaitu zona A yang berada di sisi utara, dan zona B di sisi selatan jalan masuk area lahan. Jam operasional di Agrowisata Belimbing Karangsari antara pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Untuk masuk ke kawasan Agrowisata Belimbing Karangsari ini, pengelola menetapkan tarif retribusi sebesar Rp 10.000 per orang. Dengan membayar tarif tersebut, pengunjung akan mendapatkan welcome drink sari buah belimbing yang diolah oleh warga sekitar. Pengunjung dapat berkeliling menikmati keindahan pepohonan belimbing yang rindang dan sejuk serta berfoto sepuasnya di area agrowisata.


Kamu juga dapat menikmati pemandangan dari atas dengan naik ke menara empat lantai setinggi sekitar 20 meter. Menara besi yang kokoh ini berdiri di tengah area Agrowisata Belimbing Karangsari.

Ketika berada di lantai atas, pemandangan sangat indah. Kamu dapat melihat hamparan pohon belimbing yang berbuah lebat di sisi utara, serta deretan bukit hijau di selatan Blitar


Setelah puas menikmati pemandangan dari atas, biasanya pengunjung akan memilih dan memetik buah belimbing sendiri untuk menghilangkan rasa haus dan dahaga. Mereka bebas memilih buah belimbing sesuai selera masing-masing, ada yang suka yang sudah matang maksimal, ada yang lebih suka yang setengah matang, bahkan ada yang suka yang masih mentah.

Untuk harga buah belimbing yang dipetik sendiri adalah Rp 10.000 per kilogram. Sedangkan di luar area Agrowisata Belimbing Karangsari, harganya bervariasi, tetapi umumnya di atas Rp 6.000 per kilogram. Keuntungan membeli di sini adalah kamu dapat memilih buah belimbing yang matang sempurna dari pohon, sehingga rasa manisnya tetap terjaga.


Destinasi wisata Agrowisata Belimbing Karangsari biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan. Momen ini juga menjadi masa panen bagi para petani penyewa lahan, yang dapat menghasilkan omzet hingga Rp 1 juta per hari. Jika cuacanya bagus dan tidak ada banyak hujan, petani bisa panen hingga empat kali setahun. 

Jadi buat kamu yang sedang berada di Blitar ataupun sedang mengunjungi kota ini bisa coba datang ke Agrowisata Belimbing Karangsari dan menikmati kesejukan kebun belimbing yang terletak di tengah kota dan menikmati manis dan legitnya belimbing komoditas Blitar ini. 

AGROWISATA KARANGSARI

  • 📍Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar
  • 🕐 08.00 - 16.00 (Buka di akhir pekan)
  • 💰10k

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca eksplorasi tentang Serunya Petik Belimbing Agrowisata Belimbing Karangsari Blitar di situs web ini. Semoga eksplorasi yang kami sajikan bermanfaat. Untuk informasi menarik dan artikel lainnya, kamu bisa eksplorasi lebih lanjut di goplorasi.com!

Kategori: Wisata, Blitar

Leave a comment

Sekilas tentang Go Eksplorasi

GOPLORASI #GoEksplorasi Merupakan sebuah media berbasis di Malang yang menyajikan eksplorasi tentang tempat - tempat hits dan menarik, seperti Café & resto, wisata, kuliner dan lainnya. Saat ini tidak hanya di Malang, tapi kami mencoba untuk eksplorasi daerah sekitar Malang, seperti Batu, Blitar, Tulungagung hingga Kediri.