Nasi Ayam Serodja

Inilah 7 Fakta Unik Es Drop, Kuliner Es Legendaris dari Blitar!

Inilah 7 Fakta Unik Es Drop, Kuliner Es Legendaris dari Blitar!

Es drop merupakan salah satu produk es yang sangat melegenda asli Blitar. Bentuk dan rasanya yang khas sangat terjaga sampai saat ini. Nah Berikut ini adalah 7 fakta unik dari es drop, versi Goplorasi:


  1. Sudah ada sejak jaman kolonial Belanda
    Sebelum menjadi pabrik es, dulu pemilik pabrik memproduksi rokok. Es drop pertama kali diproduksi pada tahun 1937. Meskipun merupakan produk yang sangat tua, namun es ini tidak kehilangan penggemar, dan masih eksis sampai saat ini.
  2. Berbahan dasar gula merah dan santan
    Bahan dasar dari es drop adalah gula merah dan santan, yang kemudian kemudian dibekukan dan dicetak memanjang seperti bentuk es lilin. 
  3. Kemasannya dari selongsong kertas
    Kemasan dari es drop terbuat dari selongsong kertas berwarna putih. Dengan kemasan seperti ini, cara menikmati es ini menjadi sangat mudah, dan menjadi ciri khas yang unik.
  4. Stik es drop terbuat dari bambu
    Stik es drop cukup unik, yaitu terbuat dari bambu kecil yang langsung ditusukkan ke dalam es. Dengan stik ini justru menunjukkan kesan tradisional dan lebih otentik.
  5. Kacang hijau menjadi rasa favorit
    Meskipun punya beberapa varian rasa, tetapi faktanya varian yang banyak laku dan dicari adalah rasa kacang hijau. Varian rasa ini memang khas, dengan racikan kacang hijau asli yang lembut dan manisnya pas. Beberapa varian lain dari es drop yaitu rasa durian, cokelat, vanilla pudding dan strawberry. 
  6. Penjual es drop menggunakan tempat berbentuk tabung yang unik
    Para penjual keliling yang menjual es drop menggunakan tempat berbentuk tabung yang unik. Biasanya mereka berkeliling berjalan kaki atau menggunakan "sepeda onthel" sembari membunyikan bel sambil berjualan.
  7. Selalu mempunyai penggemar setia
    Meskipun sekarang ini banyak sekali produk atau varian kuliner es, seperti es pabrikan yang punya banyak sekali rasa atau macam, tapi es drop tetap mempunyai penggemar setia. Keunikan dan rasanya yang khas masih menjadi hal yang membuat orang selalu suka.


Terima kasih telah mengunjungi dan membaca eksplorasi tentang Inilah 7 Fakta Unik Es Drop, Kuliner Es Legendaris dari Blitar! di situs web ini. Semoga eksplorasi yang kami sajikan bermanfaat. Untuk informasi menarik dan artikel lainnya, kamu bisa eksplorasi lebih lanjut di goplorasi.com!

Kategori: Kuliner, Blitar

Leave a comment

Sekilas tentang Go Eksplorasi

GOPLORASI #GoEksplorasi Merupakan sebuah media berbasis di Malang yang menyajikan eksplorasi tentang tempat - tempat hits dan menarik, seperti Café & resto, wisata, kuliner dan lainnya. Saat ini tidak hanya di Malang, tapi kami mencoba untuk eksplorasi daerah sekitar Malang, seperti Batu, Blitar, Tulungagung hingga Kediri.