Nasi Ayam Serodja

Masjid An–Nur Blitar, Saksi Peninggalan Perang Diponegoro

Masjid An–Nur Blitar, Saksi Peninggalan Perang Diponegoro

Banyak sekali bangunan-bangunan di Blitar yang merupakan tempat bersejarah dan mempunyai cerita tersendiri. Di daerah Plosokerep, kota Blitar terdapat sebuah masjid, yang konon katanya didirikan pada jaman perang Diponegoro sekitar tahun 1830, yaitu Masjid An-Nur. Masjid ini merupakan peninggalan dari bupati Mbagelenan, yang merupakan prajurit Pangeran Diponegoro. 

Cerita Masjid An-Nur ini juga erat kaitannya dengan sejarah tentang Mbah Singodongso yang merupakan orang yang menemukan lahan baru atau mbabat alas daerah Plosokerep. Dinamakan Plosokerep, konon ceritanya banyak sekali pohon ploso di daerah itu dan kerep sendiri berarti banyak dalam Bahasa jawa. 


Di depan bangunan masjid terdapat sebuah pohon sawo yang cukup besar dan rindang. Pohon sawo ini juga konon menjadi sebuah tanda peninggalan dari Pangeran  Diponegoro yang memiliki filosofi tersendiri. Konon, sawo merupakan sebuah makna dari Saminaa Wa athonaa. Ungkapan ini mengandung arti kepercayaan penuh atau keimanan yang tinggi. Saat itu, ungkapan ini merupakan jawaban prajurit untuk siap sedia mentaati perintah pemimpinnya. 

Menanam pohon sawo kecik juga merupakan sebuah pesan untuk senantiasa menanam kebaikan. Pesandalam Bahasa jawa, Podho nandhuro sawo kecik, podho nandhuro samubarang kang sarwo becik, artinya tanamlah sawo kecik, tanamlah selalu sesuatu kebaikan. Menanam buah sawo ini pun menjadi ciri khas Diponegoro dan para pengikutnya. 

Pada jaman perang, selain untuk tempat ibadah, Masjid An-Nur ini juga merupakan tempat untuk persembunyian dan musyawarah. Masjid ini sudah pernah dipugar di beberapa bagian bangunannya, yaitu di bagian tiang bawah masjid, atap dan lantai bagian depan masjid. Selain bagian tadi, masih terlihat bangunan asli masjid. Sampai saat ini masjid ini juga masih digunakan untuk beribadah oleh penduduk sekitar. 



Terima kasih telah mengunjungi dan membaca eksplorasi tentang Masjid An–Nur Blitar, Saksi Peninggalan Perang Diponegoro di situs web ini. Semoga eksplorasi yang kami sajikan bermanfaat. Untuk informasi menarik dan artikel lainnya, kamu bisa eksplorasi lebih lanjut di goplorasi.com!

Kategori: Lainnya, Blitar

Leave a comment

Sekilas tentang Go Eksplorasi

GOPLORASI #GoEksplorasi Merupakan sebuah media berbasis di Malang yang menyajikan eksplorasi tentang tempat - tempat hits dan menarik, seperti Café & resto, wisata, kuliner dan lainnya. Saat ini tidak hanya di Malang, tapi kami mencoba untuk eksplorasi daerah sekitar Malang, seperti Batu, Blitar, Tulungagung hingga Kediri.