Nasi Ayam Serodja

Inilah 7 Fakta Unik Es Pleret Blitar!

Inilah 7 Fakta Unik Es Pleret Blitar!

Es Pleret merupakan salah satu kuliner legendaris khas Blitar yang masih eksis sampai saat ini. Es pleret adalah sebuah minuman yang sangat khas dan terbuat dari bahan dasar santan.


Berikut ini adalah 7 fakta unik dari Es Pleret :

  1. Sejarah Es Pleret
    Berdasarkan sejarah Es Pleret, konon kata pleret diambil dari nama seorang sesepuh dan tokoh masyarakat blitar yang bernama Kyai Pleret. 
  2. Bentuk pleret sangat unik
    Pleret memiliki bentuk berupa bulatan kecil yang hampir menyerupai bakso. Warnanya identik dengan warna hijau, putih, dan merah.
  3. Bahan-bahan es pleret
    Pleret  terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulatan kecil dengan cetakan yang terbuat dari bambu. Untuk kuah pleret merupakan campuran dari Santan kelapa, daun pandan, gula merah.
  4. Penyajian es pleret
    Sekilas, penyajian Es Pleret hampir seperti dawet. Dihidangkan di gelas dan diberi sirup warna merah, es batu dan santan. Biasanya es pleret juga disajikan dengan serabi ataupun cendol. 
  5. Sensasi rasa Es Pleret sangat khas
    Ketika pleret dikunyah, gula merah didalamnya akan membuat kuah Es Pleret menjadi terasa lebih manis. Ditambah lagi dengan rasa gurih dari santan yang membuat rasa es ini semakin unik.
  6. Harga es pleret sangat terjangkau
    Tidak perlu khawatir dengan harga kuliner ini. Dengan sensasi rasa yang sangat khas, harga Es Pleret ini bisa dibilang sangat terjangkau. Saat ini dengan harga 3.000 - 5.000 rupiah saja sudah bisa menikmati sajian es pleret ini.
  7. Es Pleret Hanya Bisa Ditemukan Di Blitar
    Meskipun penjual Es Pleret sudah semakin berkurang, tetapi kuliner satu ini tetap punya penggemar yang setia. Konon, es pleret ini hanya bisa ditemukan di Blitar, yaitu sekitar alun-alun kota Blitar, area Kebonrojo, dan sekitar makam sang proklamator (makam bung karno).

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca eksplorasi tentang Inilah 7 Fakta Unik Es Pleret Blitar! di situs web ini. Semoga eksplorasi yang kami sajikan bermanfaat. Untuk informasi menarik dan artikel lainnya, kamu bisa eksplorasi lebih lanjut di goplorasi.com!

Kategori: Kuliner, Blitar

Leave a comment

Sekilas tentang Go Eksplorasi

GOPLORASI #GoEksplorasi Merupakan sebuah media berbasis di Malang yang menyajikan eksplorasi tentang tempat - tempat hits dan menarik, seperti Café & resto, wisata, kuliner dan lainnya. Saat ini tidak hanya di Malang, tapi kami mencoba untuk eksplorasi daerah sekitar Malang, seperti Batu, Blitar, Tulungagung hingga Kediri.