Nasi Ayam Serodja

Eksplorasi Museum PETA Blitar, Ikon Monumen Sejarah Kota Blitar!

Eksplorasi Museum PETA Blitar, Ikon Monumen Sejarah Kota Blitar!

Museum PETA Blitar merupakan sebuah ikon sejarah baru yang berada di Kota Blitar. Kita tahu bahwa Blitar adalah sebuah kota yang terletak di Jawa Timur yang kaya akan peninggalan sejarah. Kota ini juga menjadi tempat peristirahatan terakhir Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Tidak mengherankan jika Blitar dijuluki "Kota Patria", mengandung makna cinta yang mendalam terhadap tanah air. 


Kawasan Museum PETA ini berlokasi di Jalan Sudanco Supriyadi, tepatnya berada di depan Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya. Ketika mengunjungi tempat ini, kamu juga akan menemukan Monumen Potlot di bagian belakangnya, tempat di mana Bendera Merah Putih pertama kali berkibar di Bumi Pertiwi tepat pada jam 03.30 WIB tanggal 14 Januari 1945.

Untuk diketahui, kawasan museum yang merupakan bekas markas pasukan Pembela Tanah Air (Peta),kesatuan tentara bentukan militer Jepang selain Heiho dan Gyugun ini dulunya menjadi kompleks sekolah sejak puluhan tahun yang lalu. Siswa-siswi dari SMPN 3, SMPN 5, SMPN 6, dan SMKN 3 selama ini menempati bangunan-bangunan di kawasan Museum PETA ini. 


Kompleks bekas markas Peta ini menempati lahan kurang lebih seluas sekitar 4 hektar. Di tempat ini berdiri beragam fungsi bangunan, mulai dari asrama prajurit, dapur umum, gudang senjata, ruang komando, hingga sejumlah menara pengintai. Pemanfaatan gedung-gedung bekas markas Peta untuk ruang perkantoran dan ruang kelas oleh empat sekolah tersebut tidak sampai merusak atau merobohkan bangunan. Dahulu beberapa dari empat sekolah itu sempat mendirikan sejumlah bangunan baru di kompleks itu pada era 1980-an.

Meskipun Museum PETA masih dalam tahap pengembangan, namun kamu sudah dapat menikmati pengalaman berwisata di sini. proyek museum ini menjadi agenda nasional, karena memang sejarah yang ada disini sangat patut untuk dikenang. Beberapa ikon telah dipajang, termasuk Monumen PETA (menggambarkan pejuang PETA),pesawat F-86 Sabre TS-8609, dan tank. Semua ikon ini tentu menjadi daya tarik sendiri untuk dapat dinikmati dan menjadi spot berfoto. Museum ini juga merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai bersama keluarga, teman, atau lainnya. Selain berwisata, disini pengunjung  juga bisa belajar tentang perjuangan pahlawan masa lalu.

Bagi kamu yang akan berlibur untuk menikmati sejarah di Museum PETA ini tidak perlu khawatir akan fasilitas yang tersedia. Tempat ibadah, kuliner, dan tempat nongkrong dapat dengan mudah ditemukan di sekitar lokasi museum. Museum PETA Blitar terletak di pusat kota, menjadikan akses terhadap fasilitas umum sangat mudah.

Tentu saja, setelah merenungkan sejarah di Museum PETA Blitar, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menikmati kuliner yang ditawarkan oleh Kota Blitar. TIdak jauh dari kawasan museum kamu dapat menjumpai beberapa kafe dan resto. Atau ada juga kuliner khas Blitar yang berada di daerah sekitar Kebon Rojo Blitar. 

Museum PETA Blitar ini merupakan tempat yang tepat untuk pecinta sejarah dan juga bagi mereka yang ingin memberikan pelajaran berharga kepada anak-anak atau adik-adik mengenai sejarah. Jangan lupa untuk mengabadikan momen kamu saat berada di sini. Banyak sekali spot foto yang menarik yang bisa dinikmati disini. 

Tidak ada alasan untuk menunda, Langsung saja menuju Kota Patria ini dan rasakan pengalaman yang luar biasa berwisata di Museum PETA Blitar!

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca eksplorasi tentang Eksplorasi Museum PETA Blitar, Ikon Monumen Sejarah Kota Blitar! di situs web ini. Semoga eksplorasi yang kami sajikan bermanfaat. Untuk informasi menarik dan artikel lainnya, kamu bisa eksplorasi lebih lanjut di goplorasi.com!

Kategori: Lainnya, Blitar

Leave a comment

Sekilas tentang Go Eksplorasi

GOPLORASI #GoEksplorasi Merupakan sebuah media berbasis di Malang yang menyajikan eksplorasi tentang tempat - tempat hits dan menarik, seperti Café & resto, wisata, kuliner dan lainnya. Saat ini tidak hanya di Malang, tapi kami mencoba untuk eksplorasi daerah sekitar Malang, seperti Batu, Blitar, Tulungagung hingga Kediri.