Nasi Ayam Serodja

Eksplorasi Kuliner : Nikmatnya Pecel Punten Khas Blitar. Lokasinya Di Dalam Pasar Pon Blitar!

Eksplorasi Kuliner : Nikmatnya Pecel Punten Khas Blitar. Lokasinya Di Dalam Pasar Pon Blitar!

Berkunjung ke suatu daerah memang harus mencicipi kuliner khas daerahnya. Kali ini kita akan eksplorasi nikmatnya kuliner Pecel Punten Khas Blitar. Lokasinya berada di dalam Pasar Pon Blitar!


Sebagai salah satu makanan khas Jawa, pecel memang memiliki beragam variasi. Pecel khas Blitar termasuk kuliner yang begitu istimewa. Secara tampilan, pecel khas Blitar mungkin tidak terlalu berbeda dengan pecel sayuran biasa di daerah lainnya. Namun, perbedaan utama terletak pada sajian pelengkapnya dan rasa bumbu pecel yang khas. 

Pecel Punten Khas Blitar

Jika pecel biasa sering disajikan dengan nasi atau lontong, ada salh satu varian pecel di Blitar yang disantap dengan punten. Punten adalah nasi gurih (teksturnya mirip dengan lontong) yang dibuat dengan cara yang khusus. Berasnya dimasak bersama air kelapa santan, yang memberikan rasa gurih yang unik dan lezat. Meskipun proses pembuatannya lebih rumit dan memakan waktu lebih lama, namun hasilnya sangat bercita rasa.


Komposisi punten sendiri terbuat dari santan kelapa, beras, gula, daun salam dan air. Beras dimasak dengan api kecil, dan setelah airnya mengering, beras dipindahkan ke kukusan untuk dimasak hingga matang dengan bahan lainnya. Setelah beras menjadi nasi gurih dalam keadaan panas, nasi tersebut langsung ditumbuk hingga teksturnya halus dan padat. Kemudian, nasi gurih diletakkan dalam loyang dan dipotong sesuai selera, biasanya dalam bentuk kotak atau  dadu.

Punten ini paling nikmat ketika disajikan bersama pecel sebagai menu sarapan. Namun, beberapa orang juga memilih untuk mencampurkannya dengan sayur lodeh dan ayam lodho, yang sering disajikan untuk makan siang atau malam.


Meskipun hanya beberapa potong punten, sudah cukup untuk membuat perut kenyang. Meskipun jumlahnya terlihat sedikit, tapi sebenarnya setara dengan satu porsi nasi. 

Pecel Punten Pasar Pon Blitar

Pecel Punten Pasar Pon Blitar merupakan salah satu rekomendasi kuliner pecel punten di Blitar yang sangat nikmat. Lokasinya berada di dalam Pasar Pon Blitar yang terletak di jalan Kartini Blitar. Meskipun di dalam pasar, tapi pecel punten ini selalu ramai pembeli, bahkan mereka sampai rela mengantri cukup lama. Pecel Punten Pasar Pon ini buka mulai sekitar jam 06.00 sampai habis. 


Punten memang merupakan alternatif makanan bagi mereka yang ingin variasi dalam makanan mereka. Selain mengenyangkan, punten juga lebih sehat dibandingkan dengan alternatif nasi lainnya, seperti roti. 

Dalam satu porsi Pecel Punten Pasar Pon terdapat punten yang dilengkapi dengan sayuran hijau dan kecambah yang disiram bumbu pecel dan tambahan peyek. Harganya cukup terjangkau, yaitu Rp. 6000 untuk satu porsi pecel punten. 


Selain pecel punten, disini juga ada sajian jajanan pasar, seperti cenil, kicak, dan sebagainya. Kamu bisa request jajanan pasar campur atau terpisah. Sajian jajanan pasar disini semakin nikmat dengan taburan kelapa dan gula merah. 

Jika kamu sedang berada di Kota Blitar dan mencari rekomendasi kuliner, Pecel Punten Pasar Pon bisa jadi destinasi kuiner pilihan yang wajib dicoba ya!


PECEL PUNTEN PASAR PON

  • 📍Pasar Pon Blitar, Jl. Kartini Kota Blitar
  • 🕐 06.00 - Habis
  • 💰6k

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca eksplorasi tentang Eksplorasi Kuliner : Nikmatnya Pecel Punten Khas Blitar. Lokasinya Di Dalam Pasar Pon Blitar! di situs web ini. Semoga eksplorasi yang kami sajikan bermanfaat. Untuk informasi menarik dan artikel lainnya, kamu bisa eksplorasi lebih lanjut di goplorasi.com!

Kategori: Kuliner, Blitar

Leave a comment

Sekilas tentang Go Eksplorasi

GOPLORASI #GoEksplorasi Merupakan sebuah media berbasis di Malang yang menyajikan eksplorasi tentang tempat - tempat hits dan menarik, seperti Café & resto, wisata, kuliner dan lainnya. Saat ini tidak hanya di Malang, tapi kami mencoba untuk eksplorasi daerah sekitar Malang, seperti Batu, Blitar, Tulungagung hingga Kediri.