Nasi Ayam Serodja

Eksplorasi Air Terjun Dolo Bersama Komunitas Run Blitar, Menjelajah Panorama Menakjubkan di Lereng Gunung Wilis!

Eksplorasi Air Terjun Dolo Bersama Komunitas Run Blitar, Menjelajah Panorama Menakjubkan di Lereng Gunung Wilis!

Air Terjun Dolo merupakan salah satu pesona alam tersembunyi di Kabupaten Kediri yang yang menakjubkan. Terletak di kawasan Wisata Besuki, air terjun ini memiliki daya tarik dengan pemandangan lereng Gunung Wilis yang memukau.Lokasi Air Terjun Dolo cukup mudah untuk diakses, dan terletak di kawasan wisata Besuki, yang mempunyai beberapa objek wisata alam lain, termasuk Air Terjun Irenggolo. 


Dalam kesempatan kali ini, kita akan eksplorasi Kawasan Wisata Air Terjun Dolo bersama komunitas Run Blitar, dan menjelajahi area wisata ini. 

Sekilas tentang komunitas Run Blitar 

Komunitas Run Blitar merupakan komunitas lari di Blitar yang terbentuk pada tanggal 11 Desember 2019. Komunitas ini mempunyai beberapa agenda rutin untuk jadwal berlari yang dilakukan tiap minggunya, seperti Night Run, Strength Training, Easy Run dan Long Run. Ada juga event lari dengan menempuh trekking di alam sekaligus healing, yaitu RunCation. 


Eksplorasi Kawasan Wisata Alam Air Terjun Dolo 

Air Terjun Dolo merupakan salah satu daya tarik utama di kawasan berada di Wisata Besuki Kediri. Letaknya di lereng Gunung Wilis yang sangat legendaris, memberikan pesona alam yang mengagumkan. Lokasi tepatnya terletak di  Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur. Air terjun ini berada di bagian timur lereng Gunung Wilis, yang memiliki ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut.


Akses jalan menuju Air Terjun Dolo cukup baik, dan bisa diakses oleh kendaraan jenis sepeda motor ataupun mobil. Sepanjang perjalanan menuju tempat ini kita akan disuguhkan pemandangan yang indah. Di kanan kiri perjalanan terbentang kebun dan sawah pepohonan yang rindang, pepohonan yang rindang serta udara yang sangat sejuk. Namun diharapkan untuk selalu waspada dan berhati - hati, karena banyak sekali tanjakan dan jalan yang berkelok-kelok. 


Jarak tempuh Air Terjun Dolo dari kota Kediri adalah sekitar 29 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Disarankan untuk berangkat ke lokasi tidak terlalu sore ya, karena menjelang sore, daerah perbukitan disini biasanya sudah diselimuti oleh kabut. 


Air Terjun Dolo buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Untuk tiket masuk Air Terjun Dolo sangat terjangkau, hanya Rp. 5.000 per orang, sedangkan untuk tiket parkir motor Rp. 4.000 per unit. Masuk ke area kawasan wisata ini 

Fasilitas di kawasan Air Terjun Dolo cukup lengkap, termasuk area parkir yang luas, toilet, area bermain, mushola, dan sejumlah cafe atau kedai di area menuju air terjun. Kamu bisa menikmati kuliner khas disini yang didominasi makanan tradisional sekitar, seperti Nasi Pecel dan Nasi Goreng Tiwul, atau sekedar menikmati secangkir kopi panas atau wedang jahe. 


Di dekat wisata Air Terjun Dolo terdapat beberapa space untuk camping ground. Disini pengunjung bisa mendirikan tenda dan bermalam untuk besoknya bisa menikmati sunrise di kawasan wisata ini. Disarankan untuk membawa selimut dan pakaian atau jaket yang tebal ya jika ingin bermalam disini. Karena cuaca disini kadang sedikit ekstrim dan suhu sangat dingin.


Trekking Menuju Air Terjun Dolo cukup curam. Perjalanan menuju lokasi air terjun ini harus melalui 1.000 anak tangga yang terbuat dari batu. Di beberapa spot anak tangga kondisinya cukup licin, jadi harus selalu konsentrasi untuk menempuh trek ini. Tetapi jangan khawatir, perjalanan yang cukup menguras tenaga itu akan terbayar dengan menikmati pemandangan yang menakjubkan dan segarnya sumber mata air yang sangat jernih dan dingin. Siapkan kamera untuk mengabadikan momen di Air Terjun Dolo ini ya!


Jadi, jika kamu berada di Kediri, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Air Terjun Dolo. Nikmati destinasi wisata alam yang memukau dengan daya tarik alaminya yang menakjubkan, udara yang sangat sejuk dan keindahan alam sekitarnya yang eksotis!

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca eksplorasi tentang Eksplorasi Air Terjun Dolo Bersama Komunitas Run Blitar, Menjelajah Panorama Menakjubkan di Lereng Gunung Wilis! di situs web ini. Semoga eksplorasi yang kami sajikan bermanfaat. Untuk informasi menarik dan artikel lainnya, kamu bisa eksplorasi lebih lanjut di goplorasi.com!

Kategori: Wisata, Kediri

Leave a comment

Sekilas tentang Go Eksplorasi

GOPLORASI #GoEksplorasi Merupakan sebuah media berbasis di Malang yang menyajikan eksplorasi tentang tempat - tempat hits dan menarik, seperti Café & resto, wisata, kuliner dan lainnya. Saat ini tidak hanya di Malang, tapi kami mencoba untuk eksplorasi daerah sekitar Malang, seperti Batu, Blitar, Tulungagung hingga Kediri.