Nasi Ayam Serodja

Candi Penataran: Mengungkap Pesona Sejarah dan Kebudayaan di Candi Hindu Terbesar di Jawa Timur

Candi Penataran: Mengungkap Pesona Sejarah dan Kebudayaan di Candi Hindu Terbesar di Jawa Timur

Candi Penataran atau biasa disebut Candi Palah merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Jawa Timur. Menurut para arkeologi, Candi Penataran dahulunya bernama Candi Palah, sesuai narasi prasasti Palah pada 1197 Masehi.


Situs ini terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Kompleks Candi Penataran ini merupakan gugusan candi yang berjajar dan menempati lahan seluas 12.946 meter persegi.

Candi Penataran menjadi salah satu situs warisan budaya yang penting. Candi ini memiliki hubungan erat dengan kebudayaan Hindu dari India, yang tercermin dalam seni, arsitektur, dan relief yang ada di tempat ini.

Ketika masuk ke Candi Penataran, kamu langsung disuguhkan keindahan Dwarapala Arca, sebuah arca yang dikenal juga sebagai "reco pentung". Masuk ke bagian depan area candi, terdapat sebuah bale agung yang berfungsi sebagai pelataran. Jalan ke Bale Agung, kamu akan melewati anak tangga yang diapit oleh arca Mahapala. Di dekat Bale Agung terdapat sebuah pendopo yang konon menjadi tempat upacara keagamaan dan penyajian sesaji.

Salah satu daya tarik utama Candi Penataran adalah relief yang menghiasi dindingnya. Di antara relief yang menarik, terdapat penggambaran kisah Ramayana yang terkenal. Salah satu adegan yang paling terkenal adalah ketika Hanoman menyelamatkan Dewi Sita dari Rahwana di kebunnya. Relief ini menggambarkan dengan indah dan memikat momen penting dalam epik Ramayana.

Suasana zaman kerajaan begitu terasa saat memasuki area kompleks candi ini. Di bagian belakang Candi Penataran terdapat sebuah kolam dengan sumber air yang jernih di bagian belakang area kompleks. Konon kolam tersebut dulunya menjadi tempat pemandian putri raja. 

Tempat wisata bersejarah ini berada di sebelah utara pusat kota dan dapat ditempuh kurang lebih 25-30 menit. Setiap hari terutama saat akhir pekan, Candi Penataran selalu ramai dikunjungi banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah. Tidak jarang pula banyak turis asing yang mengunjungi tempat ini. 

Di area Candi Penataran juga seringkali diadakan event – event besar, yang merupakan event bertaraf nasional maupun internasional dan mampu menyedot perhatian masyarakat luas.

Jika kamu mencari destinasi wisata yang menggabungkan sejarah, kebudayaan, dan keindahan seni, Candi Penataran adalah pilihan yang sempurna. Nikmati pengalaman yang memukau dengan menjelajahi situs ini dan menelusuri setiap detail relief yang mempesona.

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca eksplorasi tentang Candi Penataran: Mengungkap Pesona Sejarah dan Kebudayaan di Candi Hindu Terbesar di Jawa Timur di situs web ini. Semoga eksplorasi yang kami sajikan bermanfaat. Untuk informasi menarik dan artikel lainnya, kamu bisa eksplorasi lebih lanjut di goplorasi.com!

Kategori: Wisata, Blitar

Leave a comment

Sekilas tentang Go Eksplorasi

GOPLORASI #GoEksplorasi Merupakan sebuah media berbasis di Malang yang menyajikan eksplorasi tentang tempat - tempat hits dan menarik, seperti Café & resto, wisata, kuliner dan lainnya. Saat ini tidak hanya di Malang, tapi kami mencoba untuk eksplorasi daerah sekitar Malang, seperti Batu, Blitar, Tulungagung hingga Kediri.