Nasi Ayam Serodja

Soto Mantenan, Soto Legendaris Khas Kota Kediri

Soto Mantenan, Soto Legendaris Khas Kota Kediri

Kota Kediri memang merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan kulinernya yang beragam dan khas. Jika kamu sedang mengunjungi Kota Kediri, ada salah satu rekomendasi kuliner berkuah yang bisa dikunjungi, yaitu Soto Mantenan. Kuliner Soto Ayam Mantenan ini termasuk kuliner yang legend di kota Kediri dan mempunyai ciri khas tersendiri. 


Disebut Soto Mantenan, karena merupakan sebuah hidangan yang umumnya hanya tersedia dalam acara khusus, seperti mantenan. Soto Mantenan memiliki ciri khasnya sendiri yang membedakannya dari soto Lamongan atau soto Tamanan, dua hidangan khas Kota Kediri yang terkenal.

Seperti namanya, Soto Mantenan adalah hidangan yang sering disajikan dalam perayaan mantenan. Keunikan terletak pada tampilannya yang bening dan segar. Salah satu aspek yang paling mencolok dari Soto Mantenan adalah potongan daging ayamnya yang disajikan dengan rapi di sepanjang mangkuk, sehingga hidangan ini mempunyai tampilan yang sangat menggoda.


Kuah Soto Ayam Mantenan ini bening dan segar. Ini berbeda dari kuah kental dan kaya santan yang sering ditemui dalam soto Tamanan, atau kuah pekat dengan campuran koya yang biasanya ada dalam soto ayam Lamongan. Untuk Soto Mantenan ini memiliki porsi yang pas untuk standar makan satu orang, tidak sebanyak soto Lamongan atau soto Tamanan yang biasanya penuh di mangkuk. 

Selain itu, Soto Mantenan juga dikenal sebagai hidangan soto yang lengkap. Soto ini disajikan dengan irisan jeruk nipis, cabai rebus, sambal kecap, dan sambal manis dalam satu porsi. Bagi mereka yang menginginkan lebih banyak variasi pelengkap, Soto Mantenan menawarkan jeroan dan potongan daging ayam yang bisa dibeli terpisah. Ada juga pilihan kerupuk udang dan kerupuk uyel sebagai pelengkap soto.


Untuk harga yang dibanderol untuk kuliner ini juga cukup terjangkau. Satu porsi campur Soto Mantenan dihargai Rp 12.000, dan Rp.15.000 jika nasi dan sotonya dipisah, sedangkan untuk pelengkap ada aneka sate/ sundukan, kerupuk udang, kerupuk uyel, dan telur rebus, ceker ayam atau sayap ayam bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau juga, antara Rp 1.000 - Rp5.000. Hidangan ini sangat terjangkau untuk semua kalangan penikmat soto di Kediri.

Kedai Soto Mantenan ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga 21.00 WIB. Tempatnya cukup luas, ada beberapa meja panjang dan kursi yang disediakan di kedai ini. Lokasinya masih di tengah kota dan juga mudah ditemukan, yaitu sebelah timur Restoran Kampung Nelayan, tak jauh dari area kompleks pabrik PT Gudang Garam Tbk. 


Jadi, jika kamu sedang berkunjung ke Kota Kediri, jangan lewatkan untuk mengunjungi Soto Mantenan yang khas dan nikmati pengalaman kuliner di Kota Kediri!

SOTO MANTENAN

  • 📍Jl. Singosari, Dandangan, Kota Kediri
  • 🕐 06.30 - 21.00
  • 💰12k
  • ✔️ Soto kuah bening
  • ✔️ Affordable price
  • ✔️ Pilihan topping beragam
  • ✔️ Tempat cukup luas

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca eksplorasi tentang Soto Mantenan, Soto Legendaris Khas Kota Kediri di situs web ini. Semoga eksplorasi yang kami sajikan bermanfaat. Untuk informasi menarik dan artikel lainnya, kamu bisa eksplorasi lebih lanjut di goplorasi.com!

Kategori: Kuliner, Kediri

Leave a comment

Sekilas tentang Go Eksplorasi

GOPLORASI #GoEksplorasi Merupakan sebuah media berbasis di Malang yang menyajikan eksplorasi tentang tempat - tempat hits dan menarik, seperti Café & resto, wisata, kuliner dan lainnya. Saat ini tidak hanya di Malang, tapi kami mencoba untuk eksplorasi daerah sekitar Malang, seperti Batu, Blitar, Tulungagung hingga Kediri.