Nasi Ayam Serodja

Pantai Ngliyep, Pesona Wisata Pantai dan Budaya di Malang Selatan

Pantai Ngliyep, Pesona Wisata Pantai dan Budaya di Malang Selatan

Pantai Ngliyep adalah salah satu pesona alam tersembunyi yang terletak di Malang, Jawa Timur. Keindahan pemandangan pantai ini akan memukau mata, baik jika kamu berkunjung bersama keluarga maupun pasangan tercinta.


Malang memang terkenal dengan beragam pesona wisatanya, terutama pantainya yang indah. Pantai di Malang terletak di sebagian besar bagian selatan Kabupaten Malang. Salah satu pantai paling menarik di Malang adalah Pantai Ngliyep. Pantai Ngliyep ini sudah eksis sejak tahun 1980-an, dan suasana alamnya masih asri dan mempesona. Hembusan angin sepoi-sepoi di bawah pepohonan rindang dan desiran ombak yang tenang membuat orang yang berada disini sangat menikmati, sampai bisa tertidur karena suasananya. Ngliyep sendiri berasal dari kata liyep-liyep yang bermakna mengantuk atau tertidur. Penamaan itu bermaksud menggambarkan suasana pantai yang sejuk dan tenang, sehingga siapapun yang berkunjung kesana akan merasa mengantuk.

Pantai Ngliyep berada di Desa Hutan Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Malang. Pantai ini menawarkan pesona yang sangat eksotis. Lokasi pantai Ngliyep cukup mudah ditemukan, dan akses untuk menuju ke tempat ini juga tidak terlalu sulit. Jalan di sepanjang perjalanan sudah beraspal, walaupun masih ada jalan berlubang di beberapa titik jalan. 

Keindahan hamparan pasir putih dan desiran ombak yang tenang membuat pantai ini seperti surga tersembunyi. Area pantai Ngliyep juga cukup luas dan dikelilingi oleh tebing karang yang cukup curam.

Mitos di Pantai Ngliyep 

Selain keindahan dan pesonanya, Pantai Ngliyep juga konon menyimpan misteri, seperti misteri Gunung Kombang, Bukit Cinta. Bahkan pantai ini juga dikaitkan dengan mitos tentang Nyi Roro Kidul. Di pantai ini juga selalu diadakan acara labuhan setiap tanggal 12 bulan Maulud. Labuhan ini sudah menjadi tradisi turun temurun sejak dahulu. Acaranya merupakan selamatan dengan menyembelih sapi atau kambing untuk dibagikan pada warga sekitar. Sebagian daging dan juga sesaji yang sudah disiapkan akan diarak bersama iringan Jaranan dan rombongan pengawal berbaju adat menuju pulau Gunung Kombang. Kemudian sesaji tersebut lalu dilarung ke tengah laut dengan tujuan sebagai persembahan untuk Nyi Roro Kidul yang konon ceritanya sebagai sang ratu pantai selatan.

Biaya Tiket Masuk Pantai Ngliyep

Berikut ini adalah rincian biaya tiket masuk Pantai Ngliyep: :

  • Harga tiket masuk: Rp 15.000
  • Biaya parkir mobil: Rp 5.000
  • Biaya parkir motor: Rp 2.000

Dengan tiket masuk seharga Rp 15.000 saja, kamu dapat menikmati pesona alam yang memukau di pantai ini. Pantai Ngliyep buka dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk menikmati panorama laut dan pantai adalah pada sore hari.

Pantai Ngliyep juga menawarkan pemandangan tebing yang megah, menciptakan latar belakang yang sempurna untuk berbagai foto indah. Jembatan yang ada di pantai ini bukan hanya untuk menikmati keindahan alam, tetapi juga dapat digunakan sebagai spot foto yang menarik.

Di sepanjang Pantai Ngliyep, kamu akan menemukan beragam kios yang menjual makanan khas pantai dan oleh-oleh. Jadi, jika kamu tidak membawa bekal makanan, kamu tetap bisa menikmati kuliner khas pantai yang menggoda. 

Pantai Ngliyep adalah tempat liburan yang sangat direkomendasikan bagi pecinta alam dan yang berjiwa petualang. Nikmati pesona alamnya yang luar biasa saat berkunjung ke Malang Selatan!

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca eksplorasi tentang Pantai Ngliyep, Pesona Wisata Pantai dan Budaya di Malang Selatan di situs web ini. Semoga eksplorasi yang kami sajikan bermanfaat. Untuk informasi menarik dan artikel lainnya, kamu bisa eksplorasi lebih lanjut di goplorasi.com!

Kategori: Wisata, Malang

Leave a comment

Sekilas tentang Go Eksplorasi

GOPLORASI #GoEksplorasi Merupakan sebuah media berbasis di Malang yang menyajikan eksplorasi tentang tempat - tempat hits dan menarik, seperti Café & resto, wisata, kuliner dan lainnya. Saat ini tidak hanya di Malang, tapi kami mencoba untuk eksplorasi daerah sekitar Malang, seperti Batu, Blitar, Tulungagung hingga Kediri.